Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, mengimbau warga agar tetap waspada cuaca ekstrem yang melanda wilayah itu, akhir-akhir ini.

Wali Kota Manado Andrei Angouw di Manado, Selasa mengatakan, masyarakat Kota Manado khususnya yang tinggal di lereng dan bantaran sungai untuk selalu berjaga-jaga.

Ia menjelaskan jika terjadi sesuatu segera hubungi nomor telepon darurat Manado Siaga 112.

Kepada masyarakat, katanya, waspada terjadi puting beliung, longsor hingga banjir, sebagai dampak dari cuaca ekstrem yang merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Menurut info BMKG selama sepekan ke depan, akan ada cuaca ekstrem.

Wilayah perairan Indonesia sedang terjadi fenomena La Nina. La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi.

La Nina masih terjadi hingga akhir tahun nanti, meskipun intensitas masih lemah. Namun, cukup signifikan menambah uap air di Indonesia.

Fenomena yang sifatnya global dan berlangsung beberapa bulan, bahkan sampai ke awal tahun. Ini fenomena global dan lebih panjang.

Oleh karena itu, kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan kesiapan, kewaspadaan, atau kesiagaan untuk mencegah terjadinya dampak cuaca ekstrem berkepanjangan saat ini.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024