Manado, 31/5 (AntaraSulut) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menegaskan pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bertujuan untuk membentuk sikap mental PNS yang loyal, disiplin, berdedikasi dan profesional serta bertanggung jawab.

"Penegasan Wagub tersebut disampaikan pada pembukaan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I,II dan Golongan III Angkatan III Provinsi Sulut di Badan Diklat Provinsi Sulut di Watutumou Minut (30/5),"kata Kabag Humas Pemprov Sulut Jemmy Kumendong di Manado, Sabtu.

Mengingat PNS berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertanggung jawab memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, maka melalui diklat prajabatan ini kalian akan dibentuk baik sikap, mental maupun kepribadian supaya ada perubahan, kata Wagub dikutip Kumendong.

Sekembalinya dari diklat ini, kata Wagub, PNS dalam dengan tugas dan pegabdian sebagai pelayanan masyarakat, memiliki dedikasi tinggi, berinovasi, jujur dan adil, serta mampu bekerja sama dengan orang lain, apalagi mereka yang sudah lama menjadi pegawai hononer daerah (honda).

Karena itu, PNS harus mampu menjaga perjuangan ini karena itu ikutilah dengan baik diklat prajabatan, tandas Wagub Kansil mantan Kadis Diknas Sulut.

Selain itu, Kansil juga melarang bagi PNS untuk memanfaatkan lap top atau komputer hanya untuk bermain game atau facebook di kantor, karena penggunaan laptop dan komputer sesungguhnya dalam rangka memperlancar tugas kerja agar lebih efisien dan efektif.

Pada kesempatan itu, Wagub juga mengajak peserta diklat untuk ikut menyukseskan Pilpres pada 9 Juni 2014 mendatang, dengan menghindari sejauh mungkin adanya kampanye hitam, serta saling menjelek-jelekan orang lain, itu semua harus kita hindari, karena budaya kita tidak seperti itu. PNS Pemprov harus menjadi terdepan menyuksekan pilpres.

Kaban Diklat provinsi Dr drh Frederik Rotinsulu mengatakan diklat prjabatan ini diikuti 101 peserta berasal dari berbagai SKPD dilingkungan Pemprov Sulut, sementara sasaran dari kegiatan ini untuk terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menyandang PNS.

Wagub Kansil pada kesempatan itu juga menyematkan pengharggaan Satya Lencana Karya Satya 10 s/d 30 Tahun kepada sejumlah PNS Diklat Provinsi. Turut hadir para pejabat teras dan Widiaswara Diklat provinsi, kata Jemmy Kumendong MSi juga selaku jubir Pemprov Sulut.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024