Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Praseno Hadi mengajak masyarakat setempat mendapatkan vaksinasi COVID-19 termasuk booster untuk meningkatkan cakupan kekebalan komunitas di daerah tersebut.

"Ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar lebih kuat," ujar Sekdaprov di Manado, Kamis.

Dia juga yakin kegiatan perekonomian di daerah ini akan berjalan baik apabila masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi.

"Asal sudah dibooster kita yakin semua akan berjalan, karena lama-lama COVID-19 bisa menjadi seperti flu biasa," ujarnya.

Dia mengatakan, kunjungan wisatawan ke Provinsi Sulut juga masih dipengaruhi oleh situasi pandemi COVID-19.

"Di beberapa negara masih tutup, termasuk China masih ada karantina yang akhirnya mereka malas datang ke sini karena pulangnya harus karantina, itu juga menjadi pemikiran," ujarnya.

Bahkan bulan Desember mendatang, kata dia, maskapai penerbangan Jeju Air diprediksi akan membuka penerbangan ke Manado melalui Bandara Sam Ratulangi.

"Catatannya COVID-19 sudah clear, sehingga bisa masuk ke Sulut," ujarnya.

Karena itu, dia terus berharap masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan termasuk di dalamnya menggunakan masker ketika beraktivitas termasuk mendapatkan layanan vaksinasi.

Data Satgas Penanganan COVID-19 Sulut hingga 5 Oktober 2022, akumulasi kasus terkonfirmasi positif sebanyak 53.168 orang, sembuh 51.562 orang, meninggal 1.214 orang dan kasus aktif sebanyak 392 orang.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024