Manado (ANTARA) - Pemerintah meningkatkan upaya pencegahan stunting di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2022 ini.

"Kami melakukan edukasi hingga ke kecamatan dan desa, agar masyarakat semakin paham dan melakukan langkah pencegahan," kata Bupati Minahasa Royke Roring, di Tondano, Rabu.

Dia mengatakan pencegahan dan percepatan penurunan stunting menjadi salah satu agenda prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

"Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan upaya untuk menurunkan angka stunting melalui pelayanan keluarga berencana (KB)," katanya.

Bupati menjelaskan program KB menjadi kunci penting dalam rangka menurunkan angka stunting nasional.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey berharap kegiatan ini dapat mendukung upaya bersama dalam mencegah terjadinya stunting dan kondisi gizi buruk pada balita.

Dia juga berharap para penyuluh memiliki pemahaman yang baik, sehingga dalam mengedukasi masyarakat akan bahaya stunting dapat tersampaikan dengan baik dan benar.

Dia menjelaskan upaya penanganan stunting merupakan tugas yang cukup berat dan krusial.

Menurutnya, diperlukan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan, mulai dari tingkat pusat hingga daerah, serta koordinasi lintas sektor.

Menjadi tugas dari pemerintah untuk selalu mengingatkan tentang komitmen dan koordinasi ini.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024