Sitaro (ANTARA) - Desa Beong merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Siau Tengah (Siteng) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Desa dengan luas wilayah 3,83 km2 ini, memiliki jumlah penduduk sebanyak 572 jiwa, yang sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani.

Tidak sedikit lagi yang tahu tentang latar belakang dan keberadaan desa ini, karena bisa dikata kampung halaman salah satu tokoh masyarakat di Nusa Utara yakni almarhum Winsulangi Salindeho ini, adalah wilayah yang dilintasi oleh pengguna jalan Ulu-Ondong bahkan begitu juga sebaliknya dalam aktifitas sehari-hari.

Desa yang menurunkan cerita rakyat tentang Sense Madunde dan Sembilan Bidadari ini, bukan lagi disebut desa berkembang namun telah dianggap sebagai salah satu desa maju di Kabupaten Kepulauan Sitaro, karena gebrakan-gebrakan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat.

Salah satu gebrakan yang pernah dilakukan, dibawah kepemimpinan Kapitalau (Kepala Desa) Beong, Hervie Mandak beberapa tahun silam berhasil mengubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) menjadi objek wisata, yang kini menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata favorit wisatawan domestik maupun mancanegara yakni Nggaghusa Hill.

"Keberhasilan pembangunan di desa ini bukan hanya keberhasilan kami pribadi, tapi ini juga masyarakat. Karena semua pihak terlibat dalam membangun desa ini, baik perangkat desa, masyarakat bahkan pemerintah daerah terlebih ibu bupati bersama jajaran senantiasa memotivasi kami," tukas Mandak.

Ketika dimintai tanggapan oleh wartawan Antara  Kamis (22/09) terkait dengan kinerja 4 tahun kepemimpinan Bupati Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John H Palandung yang jatuh pada tanggal 25 September 2022, dia menganggap kedua pimpinan daerah ini cukup berhasil.

"Sejauh ini cukup berhasil, meskipun banyak yang belum dapat dilakukan karena ketika keduanya memulai kepemimpinan sudah diperhadapkan dengan pandemi COVID-19. Dan ini bisa dimaklumi, tentu kami sangat berharap agar pembangunan di daerah akan semakin maju dan semakin bagus," kata dia.


Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024