Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Handry Pasandaran meminta warga masyarakat di daerah itu agar mewaspadai peningkatan kasus COVID-19.

"Kami meminta kepada semua warga masyarakat agar mewaspadai peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Sangihe dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Handry Pasandaran di Tahuna, Selasa.

Menurut dia, selama bulan September sudah ada 17 kasus COVID-19 di Kabupaten Sangihe. Dikuatirkan akan terus bergerak naik apabila warga tidak mematuhi protokol kesehatan.

Penambahan kasus menandakan bahwa COVID-19 masih ada di Kabupaten Sangihe sehingga memerlukan perhatian dan kewaspadaan semua warga masyarakat.

Semua warga masyarakat, juga harus mematuhi anjuran pemerintah untuk divaksin sebagai upaya peningkatan kekebalan tubuh terhadap COVID-19.

"Semua masyarakat yang masuk dalam daftar sasaran penerima vaksin COVID-19 kiranya memberi diri dan keluarganya untuk divaksin," kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kata dia saat ini dilayani di semua fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Sangihe.

"Ada 17 Puskesmas yang memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat termasuk di dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe," kata dia

Secara keseluruhan kasus COVID-19 di Kabupaten Sangihe sebanyak 1.855 orang. Pasien yang sembuh 1.798 orang dan 47 orang meninggal dunia, sedangkan yang masih menjalani perawatan dan isolasi 10 orang.

Dia juga mengimbau kepada warga apabila ada gejala infeksi saluran nafas atau ada gangguan kesehatan supaya segera berkonsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024