Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Wandu Labesi mengatakan, status Gunung Awu di daerah itu sudah turun ke level II waspada.

"Status gunung Awu saat ini sudah turun dari level III (siaga) menjadi level II (waspada)," kata Wandu Labesi di Tahuna, Sangihe, Sabtu.

Secara virtual, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III, asap kawah nihil dan cuaca berawan, angin lemah ke arah timur laut. Terjadi delapan kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 5-46 mm, dan lama gempa 3-17 detik serta delapan kali gempa vulkanik dalam dan 15 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 5-46 mm, S-P 26 detik dan lama gempa 45-145 detik.

Namun demikian, kata dia, BPBD tetap mengimbau agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 3 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu.

Masyarakat tetap dilarang beraktivitas di dalam radius 3 kilometer dari kawah Gunung Awu. Masyarakat juga diimbau tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat diharapkan tetap mengikuti arahan dari pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Wandu Labesi.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024