Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dana Desa   tahap tiga untuk 135 desa yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, saat  ini sedang berproses pencarian.

"Dari 135 desa di Kabupaten Minahasa Tenggara, saat ini sudah 15 desa yang kami proses administrasi untuk pencarian dana desa tahap yang ketiga," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Tenggara, Helga Mosey di Ratahan, Kamis.

Menurut dia, proses pencarian ini dilakukan setelah setiap desa memenuhi sejumlah persyaratan antara lain, laporan penyerapan anggaran mencapai 90 persen untuk tahap kedua dan realisasi kegiatan harus mencapai 70 persen termasuk laporan capaian terkait dengan penanganan stunting.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa agar segera merampungkan seluruh laporan yang menjadi persyaratan pencarian dana desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas PMD Minahasa Tenggara, Meyvri Mokorimban mengungkapkan, anggaran tahap ketiga yang akan dicairkan berjumlah Rp 24.176.256.000.

"Pencairan dana desa tahap ketiga sudah termasuk bantuan langsung tunai tahap keempat juga sisa anggaran bantuan langsung tunai yang empat puluh persen," jelasnya.

Ia menambahkan, program prioritas dalam dana desa tahun 2022, yakni pemberian bantuan langsung tunai, ketahanan pangan, penanganan COVID-19, dan program prioritas lainnya yang ada di desa.

"Kami berharap pengelola dana desa di Kabupaten Minahasa Tenggara memperhatikan apa yang menjadi program prioritas tahun 2022," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024