Manado (ANTARA) - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara(Bolmut), Sulawesi Utara, Amin Lasena mengatakan ada triliunan rupiah investasi yang akan masuk di kabupaten tersebut.

"Investasi tersebut akan masuk di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan bidang peningkatan sumber daya manusia," ujar Wakil Bupati Amin di Manado, Sabtu.

Di bidang pertanian, kata dia, pemerintah kabupaten sudah memberikan kesempatan kepada perusahaan multinasional yang ada di Jakarta untuk mengembangkan kelapa sawit.

Perusahaan tersebut juga sedang mengadakan pembibitan kelapa sawit dan sudah tersedia lahan yang cukup luas untuk kebutuhan penanaman.

Untuk peternakan, lanjut Lasena, pihak perusahaan Australia sudah mengadakan survei lokasi untuk pembibitan jenis sapi Australia.

Investor juga akan membangun rumah potong hewan atau RPH dan rumah produksi keju dan susu sapi.

“Ini merupakan paket terintegrasi dalam bidang peternakan. Bahkan akan ada putra daerah yang ke Australia diberikan pendidikan keahlian dalam setiap bidang pada industri terpadu ini,” ungkapnya.

Nilai investasi yang mencapai triliunan rupiah tersebut sangat menguntungkan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow karena memberikan dampak positif bagi pembangunan dan lapangan kerja di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo tersebut.

Untuk perikanan, katanya, dalam survei untuk pembangunan dermaga, dan hasil tangkapan ikannya akan bersinergi dengan Kabupaten Gorontalo yang jaraknya lebih dekat.

"Tangkapan hasil perikanan ini untuk tujuan ekspor," sebutnya.
 

Pewarta : Karel Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024