Manado (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara memberikan penghargaan kepada Polda dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut dan Polres Minahasa Selatan, di Manado, Jumat.

Kepala Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) Haris Sukamto mengatakan pemberian penghargaan kepada Polda dan BNNP Sulut tersebut, sebagai mitra kerja sama dalam mengadakan kegiatan inspeksi mendadak atau sidak di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

"Kalau melakukan sidak-sidak di Lapas dan Rutan selalu melibatkan Kepolisian dan BNNP Sulut serta jajaran," kata Sukamto usai penyerahan penghargaan itu.
Ia menambahkan Polda Sulut dan BNNP Sulut selalu mengawal saat sidak dalam mencegah Narkoba.

Selain itu, lanjut Haris, Polda Sulut selama  ini selalu bersinergi termasuk dalam melaksanakan budaya sambang.

"Pada kegiatan itu  setiap malam ada teman-teman dari Polres Polsek menyambangi Lapas, Rutan, dan ini sangat  membantu kami," katanya.
Sementara piagam bagi Polres Minsel atas kerjasamanya dalam penyelesaian permasalahan HAM.

Haris mengatakan beberapa waktu lalu dirinya pernah berkunjung ke salah sebuah Polsek di Wilayah Polres Minsel, mengurus terkait ada dugaan pengaduan  pelanggaran HAM.

Kemudian saat kegiatan Kemenkumham Peduli dan memberikan bantuan kepada warga terdampak abrasi di Amurang, bertemu dengan Kapolres Minsel

Pada saat itu saya memohon kepada Kapolres untuk dapat menyelesaikan, supaya masyarakat yang berikan aduan dapat terselesaikan.
"Dalam waktu dua minggu menjadi tuntas. Yang melakukan pengaduan kita panggil dan mereka memberikan apresiasi serta berterima kasih," katanya.

Haris menambahkan kecepatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan dengan hasil luar biasa, pengaduan terkait dengan HAM dapat tuntaskan

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kemenkumham Sulut Haris Sukamto, pada peringatan Hari Dharma Karya Dhika, masing-masing kepada Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol VJ Lasut, Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi dan Kapolres Minsel.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024