Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring meminta agar warga mempertahankan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Kabupaten Minahasa sudah dua kali menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak, dan berharap bukan sekedar mendapat penghargaan, namun menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa," kata Royke, di Minahasa, Kamis.

Royke mengatakan belum lama ini dirinya menerima secara langsung piagam dan Piala Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama Tahun 2022 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, yang diserahkan oleh Deputi Perlindungan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Agustina Erni.

Pihaknya berharap dengan dua kali Kabupaten Minahasa menerima penghargaan Kabupaten layak anak, maka hak anak di semua aspek dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama.

Ke depan, kata Royke, penghargaan Minahasa sebagai Kabupaten Layak Anak bukan hanya sekedar penghargaan saja, tapi bagaimana semua masyarakat dapat menciptakan daerah ini benar layak untuk anak.

Yakni, katanya, dengan terpenuhinya semua hak anak, baik dari segi perlindungan, keamanan, pendidikan, kesehatan, informasi, fasilitas dan hak anak lainnya.

Melalui hari anak nasional tahun 2022 ini mari wujudkan anak terlindungi, sebagai generasi penerus bangsa. Indonesia Maju. Salam BERLIAN (Bersama Lindungi Anak).

Hal ini, katanya, atas kerja sama yang baik antara gugus tugas terkait KLA di Kabupaten Minahasa serta berkoordinasi dengan Provinsi Sulawesi Utara dalam pelayanan dan pemenuhan hak anak di semua aspek, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pendampingan, pengisian aplikasi, evaluasi verifikasi mandiri, evaluasi oleh provinsi, evaluasi akhir oleh Kemen PPA RI sehingga masuk pada verifikasi Hybrid dan akhirnya Kabupaten Minahasa berhasil Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama tahun 2022.

Di bawah kepemimpinan Bupati Dr Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey, memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024