Manado (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Manado memberikan bantuan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada petani wanita di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Upaya Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu pertumbuhan ekonomi terus digalakkan, kali ini mendukung petani wanita di Kota Tomohon agar semakin produktif," kata Regional CEO BRI Manado Luthfi Iskandar, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan bank yang mempunyai slogan ‘Melayani Setulus Hati’ ini, memberikan CSR kepada Pemerintah Kota Tomohon yakni kepada Kelompok Tani Wanita Kota Tomohon lewat TP-PKK Kota Tomohon, senilai Rp100 juta.

Hal ini sudah menjadi tahun kedua, katanya, BRI kembali memberikan bantuan CSR kepada para kelompok Tani Wanita Kota Tomohon sebesar Rp100 juta.

Dia menjelaskan seperti yang diketahui, tahun 2021 BRI juga telah memberikan bantuan ke 17 Kelompok Wanita di seluruh Indonesia, 1 diantaranya ada di Kota Tomohon ini, dan ini merupakan program BRI Peduli Woman Communitree. 

Program ini maksudnya adalah Pemberdayaan Perempuan pada Ekonomi Hijau dengan mengembangkan Program Urban Farming pada kelompok PKK/Wanita yang secara aktif berkegiatan di masyarakat,” ungkap Iskandar.

Ke 17 kelompok Wanita ini, lanjutnya pun berhasil diberdayakan untuk meningkatkan kepercayaan diri, keahlian, kapasitas dalam bentuk pendampingan dan pelatihan.

“Program ini harapannya dapat secara langsung dan nyata, serta meningkatkan kualitas gizi, pendapatan rumah tangga, Pendidikan, dan Kesehatan warga masyarakat,” katanya.

"Kami lihat di tahun 2022, semangat dan kerja keras Kelompok Wanita ini terus ada. Mereka tetap merawat dan menjaga Urban Farming, bahkan semakin bertambah," katanya. 

Hal ini, katanya, yang membuat BRI Peduli untuk berinisiatif untuk mendukung kembali Kegiatan Urban Farming ini agar dapat berkembang dari segi Infrastruktur dan pemberdayaan,” jelasnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan mengambil peran perempuan sebagai penggerak utamanya.

Ketua TP-PKK kota Tomohon Ny drg JeanD’ arc Senduk Karundeng mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR yang sudah diberikan khusus untuk kelompok tani wanita Tomohon.

“Kami mengapresiasi bantuan kepada kelompok wanita petani yang termasuk dalam binaan Tim Penggerak PKK Tomohon,” kata istri Wali Kota Tomohon ini.

Dia berharap bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas kelompok wanita petani khususnya petani bunga di Tomohon.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024