Tomohon (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengatakan pelaksanaan 'Tomohon International Flower Festival' (TIFF) memberikan dampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Satu-satunya yang harus disyukuri adalah dampak dari kegiatan ini dimana TIFF memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Gubernur Olly di Tomohon, Senin.

Saat ini, kata Gubernur, pertumbuhan ekonomi Sulut berada pada angka 6,93 persen atau di aras rata-rata nasional.

"Kita bersyukur karena sumbangan pertumbuhan ekonomi kita termasuk juga dari petani bunga di Kota Tomohon. Biasanya yang menyumbang adalah  sektor pariwisata, tapi kali ini ditopang hasil pertanian ," katanya. 

Ada banyak kendaraan hias yang akan mengikuti agenda utama 'Festival Bunga Internasional Tomohon' yaitu 'Tournament of Flower'.

"Setiap kendaraan hias menggunakan sekitar empat ribu sampai lima ribu tangkai bunga, bila setiap tangkai dihargai sebesar Rp5 ribu, maka setiap kendaraan hias menyerap sekitar Rp25 juta," ujarnya.

Angka itu menurut Gubernur akan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan petani bunga yang ada di kota berpenduduk lebih 100 ribu jiwa itu.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang terus memberikan kontribusi mendukung pengembangan sektor pariwisata di Sulut termasuk digelarnya TIFF ini.

"TP-PKK juga serius mempromosikan keindahan bawah laut sehingga dunia internasional mengenal Sulut," katanya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024