Manado, 16/4 (AntaraSulut) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulawesi Utara memprogramkan pemindahan lokasi jembatan timbang di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

"Jembatan timbang Amurang sudah ketinggalan baik dari sisi lokasi maupun peralatannya, karena itu akan dipindahkan ke tempat yang tepat dan strategis," kata Kepala Dishubkominfo Sulut, Joy Oroh di sela rapat Panitia Khusus(Pansus) DPRD tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban(LKPJ) gubernur tahun 2013 di Manado, Rabu.

Jembatan timbang tersebut, kata Joy dibuat sejak lama sekitar tahun 1970-an, dimana pada saat itu Kota Amurang belum berkembang seperti saat ini.

Dengan perkembangan Amurang yang begitu cepat, kata Joy membuat jembatan timbang tersebut berada di tengah kota serta terletak di tikungan jalan.

Selain itu, jembatan timbang tersebut dirancang bukan untuk kendaraan yang bertonase besar.

"Saat ini jembatan timbang itu dinilai sudah ketiggalan, sehingga pemerintah memprogramkan untuk pemindahan lokasi serta penambahan kapasitas timbang yang lebih besar," kata Oroh.

Anggota Pansus DPRD Sulut Sherpa Manembu mengatakan, perbaikan atau pemindahan jembatan timbang tersebut sangat perlu dilakukan.

Kehadiran jembatan timbang itu salah satunya bisa menekan terjadinya kerusakan jalan.

"Dengan adanya jembatan itu, kendaraan yang memiliki tonase tertentu dapat dipantau," kata Manembu.

Rapat Pansus LKPJ yang dipimpin Ketua Pansus Fanny Kaparang, selain melakukan pembahasan dengan Dishubkominfo juga instansi lainya seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Energi Sumber Daya Mineral. ***2***



Pewarta : Oleh Jorie M R Darondo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024