Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara(Sulut)  menjajaki kemitraan dengan di tiga provinsi punya wilayah pesisir guna mendorong peningkatan sektor perikanan dan kelautan.

"Kami bersama sejumlah walikota dan bupati di wilayah pesisir yakni Sulut, Sulteng, dan Papua Barat melakukan talk show secara virtual untuk hal ini," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan hal ini dilakukan guna pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan secara virtual oleh kementerian PPN/Bappenas.   
 
Tema dalam pelaksanaan tersebut ialah melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan. 

Maurits menjelaskan industri perikanan adalah salah satu sektor yang digenjot dalam peningkatan ekonomi daerah.

Ia mengatakan sektor andalan Kota Bitung ini pasca pandemi COVID-19 masih belum bergerak maksimal, meski sektor potensial ini telah menghasilkan produksi ikan yang melimpah.

Untuk itu,  bersama sejumlah pejabat dan staf khusus akan tetap fokus mengunjungi sejumlah perusahaan perikanan untuk mengecek apa yang menjadi kendala di sektor perikanan daerah.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024