Manado (ANTARA) - RS Cantia Tompaso mendukung Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Sulawesi Utara (Sulut) dalam pencegahan penyakit-penyakit menular di daerah tersebut.

"Kami telah melakukan MoU dengan Team Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pemkab Minsel," kata Direktur RS Cantia Tompaso dr James Komaling, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya akan mendukung pemerintah dalam mencegah penyakit dan mengendalikan penyakit-penyakit menular.

James mengatakan Pemerintah Kabupaten Minsel konsel dalam pencegahan penyakit menular seperti HIV, TB, Siphilis, Hepatitis B, Malaria, DBD dan sebagainya.

Selain melakukan MoU, RS Cantia dan Pemkab Minsel melakukan running test Gene Expert TB dalam rangka pengendalian penyakit menular di Kabupaten Minahasa Selatan.

"Hal ini untuk pelayanan yang lebih baik pada masyarakat Minahasa Selatan dan sekitarnya," katanya.

Dia menjelaskan Gene Expert dimana pemeriksaan ini bisa mendeteksi Kuman Tuberkulosis yang sudah memiliki resistensi terhadap obat-obatan, sehingga bisa lebih mempertajam dan pengobatan yang lebih tepat untuk penderita TB.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak menjadikan penderita TB sebagai aib karena penderita TB bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat," katanya.

Hadir dalam running test Gene Expert TB di RS Cantia Tompaso yakni Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Pemkab Minsel Dr Tony Rawis yang juga merupakan Ketua IDI Minahasa Selatan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024