(LIPUTAN KHUSUS) 

Manado, (ANTARA Sulut) - Wali Kota Manado, Sulawesi Utara Vicky Lumentut mendapat penghargaan Adhikarya Satya Bhakti tahun 2014, dari yayasan Prestasi Indonesia.

     "Ini merupakan penghargaan untuk prestasi segala bidang yang dicapai Wali Kota Manado Vicky Lumentut," kata Direktur Yayasan Prestasi Indonesia Willyanto saat menyerahkan piagam penghargaan di Sintesa Peninsula Manado, Jumat.

     Ia mengatakan dalam tiga tahun kepemimpinannya di Manado, banyak prestasi yang sudah ditelorkan oleh Vicky yang berpasangan dengan Harley AB Mangindaan tersebut.

     "Dan kriteria penilaian yang mereka lakukan juga jelas, sehingga tidak ada yang perlu diragukan," katanya.

     Willyanto mengatakan untuk mendapatkan penghargaan yersebut Vicky telah memenuhi beberapa kriteria yang menjadi dasar penilaian yakni pertama keberhasilan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat khususnya bidang pendidikan dan kesehatan.

     Kemudian, pembangunan sarana dan prasarana yang lebih mementingkan kepentingan masyarakat,  lalu perhatian yang diberikan terhadap bidang-bidang yang meningkatkan roda perekonomian di Kota Manado.

    Lalu pengawasan dan pengeloaan keuangan yang tertib, kelima peningkatan Sumber Daya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).     

     Keenam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun ke tahun, lalu  mampu menciptakan suasana kota yang aman serta mewujudkan toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi.
    
"Kami melakukan survey secara diam-diam dengan tim dari Jakarta tanpa diketahui tokoh yang dinilai,"pungkasnya.

     Ia mengatakan  di Sulawesi Utara, selain Walikota Manado penghargaan juga diberikan kepada Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yani Tuuk dan Kepala Dinas Pendapatan Kota Manado Bismark Lumentut SE.

     Wali Kota Manado Vicky Lumentut yang menerima penghargaan tersebut mengaku kaget dengan hal tersebut, karena sama sekali tidak menyangka akan menerimanya.   

     "Terus terang saya kaget ketika mendapat informasi akan mendapat penghargaan dari Yayasan Prestasi Indonesia, ini memang tidak disangka-sangka karena penilaian mereka dilakukan tanpa kita tahu atau secara diam-diam,"ujarnya.

     Ia mengatakan, penghargaan yang diraih sekarang semata-mata karena adanya dukungan masyarakat, apalah  artinya pemerintah jika tanpa masyarakat.

     "Penghargaan ini bukan untuk Vicky Lumentut tetapi untuk seluruh masyarakat Kota Manado, terima kasih banyak masyarakatku yang selalu mendukung program-program pemerintah," kata Lumentut.


Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024