Manado (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara Edy Birton, membuka Kejuaraan Terbuka Karate Gojukai Kajati Cup III, di Gedung Wale Ne Tou Tondano Kabupaten Minahasa, Sabtu (23/7).
Kejuaraan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 Tahun 2022 diikuti ratusan Karateka.
"Turnamen ini adalah sangat luar biasa karena diikuti  706 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia," kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) Edy Birton, saat membuka kejuaraan itu.
Kajati mengatakan  jagalah selalu sportivitas, junjunglah tinggi sportivitas. 
"Untuk perangkat pertandingan dari Dewan Wasit dari para atlet marilah kita untuk selalu menjaga dan menjunjung tinggi sportivitas, kemenangan memang tujuan kita tapi tidak terus segala cara kita pergunakan agar bisa menjadi juara," kata Kajati yang juga  selaku Ketua Komda Gojukai Sulut.
Kajati mengatakan berharap cabang olahraga  karate di Provinsi Sulut benar-benar bisa jaya berprestasi dan semoga bisa menjadi percontohan  provinsi  lainnya di Indonesia. 

Open Tournament Kajati Sulut Cup III ini adalah kegiatan rutin dan dimulai dari tahun 2019 yang pertama, yang kedua tahun 2020.
"Namun karena negara kita dilanda pandemi sehingga tahun 2021  kejuaraan terpaksa ditiadakan dan baru yang ketiga diselenggarakan di tahun 2022 ini", katanya.

Olahraga, lanjut Kajati, adalah salah satu kegiatan yang sangat bagus, sangat penting bagi semuanya.
Baik yang berumur anak-anak, remaja, dewasa maupun yang sudah manula.
Karena kegiatan olahraga, disamping untuk melakukan hal-hal yang positif juga bisa menjaga keseimbangan baik jiwa dan raga, psikologis dan mental kita.
Terutama  karate ini, disamping bagi adik-adik remaja dan anak-anak untuk prestasi juga bisa untuk membela diri.

 "Oleh karena itu saya harap marilah kita untuk selalu mengajarkan dan mengarahkan kepada anak-anak kita atau adik-adik kita semua mengisi kekosongan waktunya untuk melakukan kegiatan olahraga. Karena dengan olahraga bisa membawa nama harum pribadi kita, keluarga kita, daerah kita dan bahkan negara kita," katanya.
Ia menambahkan dengan kegiatan olahraga, meminimalisir generasi muda  untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, hal-hal yang negatif.
'Oleh karena itu  isilah kekosongan waktu  untuk melakukan kegiatan hal-hal yang positif",katanya.
Kejuaraan terbuka karate Kajati Cup III dilaksanakan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 Tahun 2022. 
 memperebutkan trophy bergilir Kajati Sulut dan Piala tetap Bupati Minahasa Tahun 2022, berlangsung dari 22-24 Juli 2022.
 Hadir pada saat itu, Bupati Minahasa Royke Roring, Wakajati Sulut Fredy Runtu, Ketua IAD Wilayah Sulut Lilien Edy Birton, 
Asisten Intelijen Stanley Bukara, Asisten Pengawasan Fatkhuri,  Asisten Pembinaan Topik Gunawan,  Kajari Manado Esther Sibuea,  Ketua Dewan Guru Gojukai Sulut Josis Rantung,  
 
  

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024