Manado, 11/4 (Antara) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara akan mengembangkan komoditas olahan ikan laut sebagai salah satu produk unggulan daerah.

"Pengembangan produk unggulan daerah ini merupakan program nasional dalam meningkatkan potensi lokal untuk menunjang perekonomin daerah dan industri masyarakat," Kata Kepala Disperindag Sulut Olvie Atteng di Manado, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan stakeholder pengembangan industri pengolahan ikan laut di Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong) dengan instansi pemerintah terkait telah melakukan pertemuan untuk memberikan informasi dan dukungan dalam merealisasikan program tersebut.

"Kami memberikan pelatihan kepada wirausaha baru di Kabupaten Bolmong untuk mengembangkan produk olahan ikan selama tiga hari sejak 10-12 April 2014," ungkap Olvie.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Disperindag Sulut Alwi Pontoh mengatakan pihaknya akan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk meningkatkan program unggulan pengolahan hasil ikan laut seperti pelatihan sumber daya manusia (SDM) hingga pemasaranya.

Ia mengatakan, pihaknya masih kesulitan dalam mengembangkan program unggulah daerah pengolahan hasil ikan laut karena kurangnya koordinasi dan kerja sama dengan daerah lain.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah akan memfasilitasi kerja sama dengan daerah lain agar dijadikan sebagai mitra kerja.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga meminta dukungan dana dari pemerintah pusat untuk mendorong pengembangan olahan hasil ikan laut sehingga dapat menarik minat masyarakat dan mendorong mitra kerja merealisasikan program tersebut.

Ia berharap, dengan kesepakatan kerja sama antara pemerintah daerah dan mitra kerja serta pelakau usaha itu dapat meningkatkan kualitas dan kuantitsa produksi produk unggulan tersebut.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024