Manado, 10/4 (Antara) - Sejumlah Tempat Penghitungan Suara (TPS) di Kelurahan Winangun Satu, Kecamatan Malalayang Kota Manado, baru melakukan penghitungan suara Pemilu pada Kamis.

Pantauan ANTARA, penghitungan hasil pemungutan suara tersebut antara lain pada TPS dua dan TPS tiga, di kelurahan tersebut.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS tiga Winagun Satu Runtawarouw Sarongsong, di Manado, Kamis, mengatakan baru dilaksanakan penghitungan suara hari ini karena terdapat dokumen formulir yang tidak lengkap.

"Kemarin formulir-formulir dibutuhkan seperti formulir C1 belum ada di tangan kami. Bagaimana bisa melaksanakan penghitungan suara," katanya.

Dia mengatakan, terkait dengan tidak adanya formulir itu sudah disampaikan ke PPS.

Tetapi tunggu hingga malam, tidak mendapatkan formulir tersebut.

"Kami menunggu di TPS sampai Kamis dinihari sekitar pukul 01.30, tetapi tidak ada. Dengan rasa berat menunda penghitungan suara dan formulir yang diperlukan itu nanti diambil tadi pagi, penghitungan mulai dilaksanakan hari ini sekitar pukul 11.00 wita," katanya.

Di TPS tersebut terdapat sekitar 374 daftar pemilih tetap dan 35 pemilih tambahan, namun yang melaksanakan hal pilih 276.

Ketua KPPS TPS Dua Winangun satu Vecky Lensun mengatakan seharusnya penghitungan suara dilakukan pada Rabu (9/4).

"Tetapi karena ada dokumen tidak lengkap yakni berita acaranya formulir C, formulir C2- C6, penghitungan ditunda dan baru dilaksanakan hari ini," kata Vecky.

Vecky Lensun mengatakan, tidak adanya formulir tersebut sebenarnya sudah dilaporkan sejak dibukanya kotak pada saat akan laksanakan pemungutan suara.

Laporan ke PPS tersebut dilakukan secara berkala.

"Selama delapan jam menunggu namun belum ada. Hingga pukul 20.00 wita belum ada kepastian," katanya.

Dia mengatakan, pada tadi malam sekitar pukul 02.00 wita sebenarnya formulir itu sudah ada.

"Tetapi karena petugas sudah capek, jadi kami sepakat antara KPPS dan saksi-skasi pelaksanaan penghitungan pada hari ini dan ini diketahui PPS," katanya.

Di TPS dua Winangun saru terdapat 408 daftar pemilih tetap dan 61 pemilih tambahan, tetapi menggunakan hak pilih 275.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024