Bitung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara bersama BPJS Kesehatan mengembangkan sinergi untuk meningkatkan layanan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di daerah itu.

"Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang terus membangun sinergi dengan pemerintah daerah memberikan dan menciptakan inovasi-inovasi baru bagi peserta JKN," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Bitung, Kamis.

Ia menjelaskan sinergi itu dalam rangka mewujudkan masyarakat Kota Bitung yang semakin sehat dan sejahtera dari waktu ke waktu.

Kesehatan, ucap dia, hak asasi dan menjadi kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi pemerintah dan para pemangku kepentingan. 

Ia menyebut semua pihak memiliki semangat dan cita-cita membangun kesehatan di Indonesia, yakni pelayanan kesehatan yang bermutu.

"BPJS Kesehatan sebagai institusi yang telah dipercaya untuk tugas besar dan mulia dalam membangun jaminan kesehatan. Kami percaya bahwa BPJS Kesehatan akan terus menghasilkan program-program terbaiknya," kata dia.

Maurits menambahkan ada banyak tantangan dan cobaan yang menghadang, namun demikian BPJS Kesehatan terbukti mampu bertahan memperbaiki diri dan semakin tangguh.

BPJS Kesehatan juga diharapkan memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban peserta, prosedur dan tata cara pendaftaran peserta, serta manfaat pelayanan kesehatan yang diperoleh ketika mengikuti program JKN.

"Ini penting agar peserta mendapatkan pemahaman terutama terkait regulasi serta hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh peserta, tapi lebih penting lagi terkait dengan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024