Bitung (ANTARA) - Deputi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Andi Megantara mengatakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Data 2021 rata rata per hari ada satu juta orang yang mengakses akses layanan JKN, ini menandakan program ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Andi di Bitung, Selasa.

Karena itu, kata dia, menjadi kinerja utama BPJS Kesehatan untuk terus-menerus memastikan dan meningkatkan kepuasan peserta JKN.

'BPJS Kesehatan Hadir Di Ujung Negeri' dilaksanakan serentak tanggal 12 Juli, kegiatan ini sebagai sarana memberikan informasi langsung ke masyarakat terkait manfaat program JKN.

Dia berharap, dari kegiatan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya program JKN tersebut.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat peserta terhadap prosedur, hak dan kewajiban peserta terhadap program JKN.

Selanjutnya, meningkatkan dukungan fasilitas kesehatan dan implementasi program JKN serta memastikan bahwa layanan kepesertaan berjalan baik hingga ke pelosok negeri.

Andi mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Bitung bersinergi dengan BPJS Kesehatan memastikan perlindungan jaminan kesehatan di daerah tersebut.

"Terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas peran dan dedikasinya sebagai garda terdepan penyelenggaraan program JKN," katanya.

BPJS Kesehatan menurut dia, terus diuji profesionalitasnya, salah satunya penugasan khusus melakukan verifikasi klaim pasien COVID-19 sebagai bagian 'sense of crisis' institusi ini di masa pandemi.

"BPJS akan terus berkolaborasi dan berinovasi menjadi kebanggaan bangsa," katanya menambahkan.

Andi juga memberikan apresiasi kepada duta-duta BPJS Kesehatan di pelosok negeri yang berkontribusi, berdedikasi dan bersemangat melakukan layanan kesehatan.

"Teruslah mengabdi untuk negeri, pastikanlah negara hadir untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera," ajaknya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024