Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) melakukan asesmen untuk mendapatkan profil potensi dan kompetensi pejabat administator.

 "Untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara yang profesional dalam menduduki jabatan strategis salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan data-data atau profil pejabat yang akan menduduki atau sedang menduduki jabatan administrator," sebut Sekdakot Tomohon, Edwin Roring di Tomohon, Selasa.

Penyediaan data atau profil ini dilakukan melalui kegiatan penilaian potensi dan kompetensi pejabat administrator.

"Penyusunan pusat penilaian atau talent pool pejabat administrator secara teknis akan dilaksanakan oleh badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia daerah atau BKPSDM Kota Tomohon," katanya.

Hasilnya, akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi.

"Tujuan pelaksanaan talent pool jabatan administrator untuk mendapatkan penilaian potensi dan kompetensi serta data dan pejabat administrator yang diperlukan untuk menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut," ujarnya.

Selain itu, untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial serta mengukur kompetensi manajerial dan kompetensi teknis yang dimiliki oleh para pejabat administrator agar dapat dipetakan dalam matriks talenta.

"Hal ini penting untuk langkah pengembangan aparatur ke depannya. Pengembangan kompetensi saja bagi aparatus sipil negara saja tidak cukup, sehingga harus diimbangi juga dengan potensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Dia berharap, penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool jabatan administrator dapat memberikan manfaat baik bagi para peserta dan instansi pemerintah. 

Bagi peserta, kata dia, dapat dimanfaatkan untuk merencanakan pengembangan diri sendiri atau merencanakan karir, sedangkan bagi instansi pemerintah, akan memiliki database profil potensi dan kompetensi pejabat administrator. 

"Selain itu data talent pool dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen aparatur sipil negara yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit serta menjadi acuan bagi pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi," katanya menambahkan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024