Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo menyalurkan bantuan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) di sejumlah taman baca masyarakat (TBM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna meningkatkan literasi baca warga setempat.

"Melalui program PLN Peduli menyalurkan bantuan di beberapa taman baca masyarakat yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara guna mendukung pengembangan sektor pendidikan lebih khusus pemberdayaan minat baca masyarakat," kata General Manager PLN Suluttenggo Leo Basuki di Manado, Selasa.

Dia mengatakan bantuan ini diberikan secara simbolis kepada perwakilan pengurus taman baca masyarakat di Kecamatan Pall Dua, Kota Manado.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan pendukung taman baca masyarakat, seperti paket buku digital, buku bacaan, komputer, telepon pintar, paket internet, rak buku, kursi dan meja anak, serta sarana penunjang lainnya dengan total 230 juta rupiah.

Ia berharap, bantuan dimanfaatkan secara optimal untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, terutama bagi anak-anak atau pelajar di daerah setempat.

"Kepedulian PLN yang diimplementasikan dengan pemberian bantuan ini harapannya dapat mengembangkan program literasi anak usia dini sampai kepada orang dewasa. Oleh karena itu kami berharap agar bantuan ini dapat dijaga dan dimanfaatkan secara berkelanjutan," kata Basuki.

Perwakilan penerima bantuan taman baca masyarakat tersebar di Sulawesi Utara melalui Duta Baca Sulawesi Utara, Faradila Bacmid, mengatakan bahwa dukungan PLN dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya yang datang berkunjung ke taman baca.

"Masyarakat harus mendapatkan pendidikan baik formal maupun nonformal. Tidak ada kata terlambat, karena pendidikan adalah hak dasar setiap orang, terima kasih PLN,” kata dia.

Untuk kemudahan layanan, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024