Manado, (ANTARASulut) - Aksi kemanusiaan bersih-bersih Kota Manado pascabencana diikuti ribuan personil PNS, TNI, Polri, ormas, LSM, pihak swasta dan perorangan, bertajuk "Manado Bangkit" dikomando langsung Gubernur Sulut, Dr Sinyo H Sarundajang Sabtu (8/2) mulai jam 07.00 WITA.

Para peserta dan relawan tampak begitu semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini begitu mendengar arahan dan motivasi yang disampaikan Gubernur pada apel tersebut.

"Saudara-saudara kita yang tertimpa bencana membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita! Dengan semangat Mapalus dan gotong royong mari kita bantu mereka. Manado harus bangkit lagi dan Sulut akan jaya kembali pasca bencana ini dan kita semua mampu mewujudkannya," ajaknya penuh semangat.

Seusai apel, para relawan langsung dibagi dalam 16 kelompok untuk diterjunkan dalam 16 titik yang dinilai terparah dan masih membutuhkan penanganan.

Tim yang dipimpin Gubernur Sarundajang meluncur ke lokasi pertama yaitu di Kelurahan Pal Dua Lingkungan IV yang merupakan daerah bantaran sungai.

SHS memimpin tim yang beranggotakan Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Musa Bangun, Wakapolda Sulut Kombes Pol. Charles Ngili, Kepada BPBD Provinsi Sulut Ir. Noldy Liouw, Kepala Dinas Sosial Gemmy Kawatu, SE, MSi, Jimmy Asiku (Pengusaha Sukses Sulut), Karo Orpeg Setdaprov Sulut Jemy Ringkuangan, Direktur RS. Ratumbuysang Dr. Jemmy Lampus, Direktur RS Nooangan Dr. Inggrid Giroth, sekitar 100 personil Brigade Manguni Indonesia dan tenaga medis dari RS Ratumbuysang dan RS Noongan.

Sesampainya di lokasi, SHS bersama tim langsung ‘action’ dengan aksi membersihkan rumah-rumah warga, pengobatan cuma dan menyiapkan konsumsi di dapur umum posko Tagana Dinsos Sulut dan posko Korem 131 Santiago. Tim kemudian berpindah lokasi di Kampung Merdeka Kelurahan Dendengan.(adv)


Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024