Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendorong pembangunan infrastruktur pendukung kawasan industri Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara(Minut).

"Kami juga berharap ketika tol Manado-Amurang dibangun akan terintegrasi dengan Kota Manado, Minahasa Utara dan Bitung," kata  Kepala Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulut, Franky Manumpil di Manado, Selasa.

Di pulau Lembeh, katanya ke depan rencananya akan dibangun bandara dan akan dihubungkan dengan jembatan dari Kota Bitung.

Infrastruktur jalan seperti tol Manado-Bitung sudah beroperasi dan diharapkan akan menjadi penyokong pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer akan menyokong transportasi penumpang penerbangan domestik dan mancanegara serta mobilitas pergerakan barang dan jasa.

Selain membangun infrastruktur jalan dan transportasi, pemerintah provinsi juga menyiapkan suplai air bersih untuk kawasan Manado, Minahasa dan Bitung.

"Air bersih tersebut akan disuplai melalui Bendungan Kuwil yang hampir rampung penyelesaiannya, akan kita siapkan, termasuk energi listrik," katanya.

Manumpil optimistis, penyediaan infrastruktur jalan, transportasi, air bersih dan fasilitas kelistrikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024