Manado (ANTARA) - Tim sepakbola Indonesia menang bersejarah ketika mengalahkan tun rumah Kuwait 2-1  pada laga Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A, Rabu malam waktu setempat( Kamis dini hari WITA). 

Kemenangan tersebut bersejarah lantaran terakhir kali Indonesia mencatatkan hasil serupa adalah pada tahun 1980. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait tersebut, tuan rumah sebenarnya unggul terlebih dahulu melalui gol Yousef Al Sulaiman.

Namun gol Marc Klok dan Rachmat "Rian" Irianto berhasil membawa tim nasional Indonesia mencatatkan kemenangan bersejarah atas Kuwait dengan skor 2-1.

Pelatih skuad "Garuda" Shin Tae-yong menempatkan Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho dan Rachmat Irianto di lini pertahanan dengan formasi 5-2-3. Marc Klok dan Ricky Kambuaya di posisi tengah Sebagai penggedor benteng lawan, ada trio Saddil Ramdani, Irfan Jaya dan Stefano Lilipaly.

 Pada menit ke-40, Kuwait unggul lewat sundulan Yousef Al Sulaiman yang menerima umpan dari Bader Al Almotawaa.

Kiper Rashed Al Dousari melanggar Rachmat Irianto di dalam kotak terlarang yang akhirnya berbuah tendangan penalti. Marc Klok maju sebagai eksekutor dan berhasil melakukan tugasnya dengan baik pada menit ke-44. skor 1-1

Pada babak kedua, Shin memasukkan pemain baru seperti Witan Sulaeman dan Muhammad Rafli. Keputusan itu terbukti tepat. Pergerakan Witan di dalam kotak penalti lawan berbuah kemelut yang dimanfaatkan dengan sempurna oleh Rachmat Irianto pada menit ke-46. Indonesia pun membalikkan kedudukan menjadi unggul 2-1.

Hasil positif tersebut membawa Indonesia ke peringkat pertama klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin.

Berikutnya di Grup A, Minggu (12/6) dini hari WIB, Indonesia akan menghadapi Jordania.



 

Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024