Sangihe, Sulut (ANTARA) - Tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Talaud bersama Imigrasi Tahuna, Kanwil Kemenkumham Sulut, Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud, Kepolisian Resor Kepulauan Talaud dan Pemkab Talaud melakukan pemeriksaan terhadap dokumen pekerja asing di PT Kail Overseas Indonesia (KOI).

"Tim gabungan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen orang asing yang bekerja sebagai karyawan PT. Kail Overseas Indonesia beralamat di Kelurahan Melonguane, Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud," kata Kepala seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Tahuna, Catur Febriandi Sutanto, di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, saat pemeriksaan, PT. Kail Overseas Indonesia melalui Manajemen memberikan penjelasan bahwa di perusahaan tersebut hanya terdapat satu warga negara India yang merupakan penanam modal di sektor perdagangan kopra.

"Dari hasil wawancara dan pengecekan dokumen yang bersangkutan disimpulkan tidak ditemukan pelanggaran peraturan keimigrasian maupun pelanggaran peraturan instansi lainnya, sebab seluruh dokumen keimigrasian, pencatatan sipil dan ketenagakerjaan yang dimiliki oleh yang bersangkutan dinyatakan lengkap dan sah," kata dia.

Tim yang melakukan operasi gabungan terdiri dari, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut, Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Kasubsi Intelijen Keimigrasian, Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud, Polres Kepulauan Talaud, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BAIS, Dinas Dukcapil, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lirung, Bea Cukai, Kesbangpol, Kodim 1312 Talaud, PSDKP Melonguane, Bagian Hukum Pemda Talaud, Unit Penyelenggara Pelabuhan Melonguane, Dinas Kelautan dan Perikanan Talaud, Lanal Melonguane, Badan Pengelola Perbatasan Talaud, Karantina Kesehatan, Dinas Kesehatan dan Perwakilan BIN Kepulauan Talaud.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna bapak Novly T. N. Momongan selaku Ketua Timpora menyampaikan terima kasih kepada masyarakat di daerah itu yang terus membantu Timpora dalam memberikan informasi tentang keberadaan orang asing.

"Kami tetap mengharapkan peran serta masyarakat untuk membantu Timpora melalui informasi yang cepat dan akurat," kata Momongan.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024