Sangihe, Sulut (ANTARA) - Penjabat (Pj.) Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rinny Tamuntuan mengajak warga di daerah itu untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan histori perjuangan para pahlawan bangsa.

"Mari kita amalkan Pancasila dan nilai-nilainya, serta tidak melupakan nilai histori perjuangan para pahlawan," kata Rinny Tamuntuan di Tahuna, Rabu.

Setelah mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Rumah Jabatan Bupati Sangihe, Rinny mengajak warga masyarakat melihat kembali sejarah lahirnya Pancasila oleh Presiden dan Wapres pertama RI Soekarno-Hatta.

"Sebagai warga negara, khususnya warga Sangihe, kita harus melihat kembali sejarah lahirnya Pancasila oleh Bung Karno dan Pak Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan yang telah menghantar kita sampai saat ini," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, yang bertindak sebagai inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam pidatonya mengajak seluruh anak bangsa agar membumikan dan mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila telah menjadi bintang untuk menuntun bangsa Indonesia. Maka, kita harus sepakat mengamalkan dalam kehidupan sosial," kata Presiden.

Pancasila harus menjadi ideologi bangsa yang final dan paripurna, sehingga seluruh warga negara Indonesia harus sepakat mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ujar Presiden Jokowi.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024