Manado, (ANTARA Sulut) - PDIP Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengajak pemilih pemula sadar politik sehingga mau mendukung pesta demokrasi 2014 nanti.

"Dengan sadar politik maka generasi muda akan menggunakan hak pilihnya nanti pada Pemilihan Umum 2014," kata Ketua DPC PDIP Manado Richard Sualang, di Manado, Kamis.

Richard mengatakan, hal itu penting karena jika generasi muda sudah sadar politik, maka secara otomatis mereka akan menggunakan hak pilihnya dengan benar, termasuk memilih partai mana yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasinya.

"Itulah yang paling penting, bukan hanya sekadar membuat mereka memilih partai tertentu, karena jika kemudian menyadari visinya tak sama bisa membuat pemilih pemula enggan menggunakan hak pilihnya," katanya.

Dia mengakui pemilih pemula menjadi sasaran Parpol peserta pemilu untuk mendapatkan suara pada Pemilu 2014 nanti, dan hal tersebut tidaklah salah, karena mereka cukup banyak di Manado termasuk PDIP.

Tetapi ia mengatakan, kewajiban parpol bukan hanya mencari suara dari pemilih pemula saja, tetapi terutama mengajak mereka untuk paham dan sadar akan hak politiknya sehingga mau mendukung pesta demokrasi serta caranya jujur dan adil.

Richard mengatakan mereka pun punya kewajiban untuk menekan angka golput dan meningkatkan partisipasi pemilih nanti, termasuk pemilih pemula pada Pemilu 2014 nanti.

Apalagi pemilih pemula jumlahnya juga banyak, sehingga tentu akan ikut jadi pendongkrak suara partai pada pemilu 2014 nanti, termasuk untuk PDIP.

Namun Richard mengatakan sebagai partai besar PDIP sudah punya strategi yang tentu bisa menarik anak-anak muda terutama pemilih pemula menjatuhkan pilihannya pada mereka.

"Tetapi itu rahasia dan tak akan kami beberkan ke umum, cukup jadi konsumsi PDIP saja, karena sedang kami lakukan, supaya pemilih pemula Manado mau menjadikan PDIP sebagai tempat penyaluran Aspirasi," katanya.***1***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 31-10-2013 21:59:12

Pewarta : Oleh: Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024