Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Yusharto Huntoyungo dalam kunjungannya ke Kabupaten Sangihe berkenan menghadiri kegiatan 'Medaseng" yang dilaksanakan di Kampung Ulungpeliang Kecamatan Tamako selama dua hari.

"Pak Dirjen saat ini hadir di lokasi kegiatan Medaseng pemerintah Kabupaten Sangihe yang dilaksanakan  di Kampung Ulungpeliamg Kecamatan Tamako," kata Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, Sabtu.

Menurut Bupati,  pelaksanaan kegiatan 'Medaseng' atau menginap di kampung saat ini merupakan acara yang terakhir bagi dirinya selaku Bupati Sangihe.

"Medaseng saat ini merupakan kegiatan terakhir saya sebagai Bupati Sangihe karena tanggal 22 Mei 2022 ini saya sudah mengakhiri jabatan sebagai Bupati Sangihe," kata Bupati Jabes Ezar Gaghana.

Menurut Bupati, Medaseng merupakan program pemerintah Kabupaten Sangihe guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan Medaseng untuk bulan Mei memiliki nilai yang istimewa sebab dihadiri oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Huntoyungo dan dilaksanakan di Kampung Ulungpeliang Kecamatan Tamako selama dua hari.

"Hari Sabtu 14 Mei sampai hari Minggu, jajaran pemerintah Kabupaten Sangihe berada di Kampung Ulungpeliang untuk melaksanakan kegiatan Medaseng," kata Bupati.

Dia mengatakan, dalam program kerja pemerintah Kabupaten Sangihe, kegiatan Medaseng dilaksanakan setiap bulan secara bergantian di setiap kampung.

Dalam kegiatan tersebut, semua perangkat daerah menginap di kampung untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat di wilayah kecamatan tersebut.

"Akibat pandemi COVID-19, kegiatan Medaseng sempat terhenti selama lebih dari dua tahun. Nanti saat ini kembali dilaksanakan," kata Bupati.

Kegiatan Medaseng tidak hanya dihadiri oleh jajaran pemerintah Kabupaten tapi juga dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan daerah.

"Kegiatan Medaseng saat ini juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sangihe, Dandim 1301 juga perwakilan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Tahuna," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024