Manado, (AntaraSulut) -  Penerapan kampanye hijau telah membuahkan hasil bagi Accor di Indonesia, di mana enam hotel di jaringan Accor di Indonesia meraih Green Hotel Award 2013 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) Republik Indonesia.

Dr. Mari E. Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyerahkan penghargaan kepada para hotel pemenang - Pullman Jakarta Central Park, Novotel Palembang, Novotel Lampung, Novotel Bandung, Novotel Manado Golf Resort & Convention Centre, dan Mercure Surabaya - pada acara seremoni penyerahan penghargaan yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona.

Green Hotel Award merupakan bentuk penghargaan kepada hotel-hotel akan prestasi mereka yang luar biasa terkait dengan hal-hal sosial kemasyarakatan yang berkesinambungan, termasuk pengelolaan lahan, konservasi air dan energi, penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, pengelolaan kualitas udara dan limbah, kebijakan belanja yang mempertimbangkan lingkungan, pengurangan limbah makanan dan inisiatif program CSR.

Gerard Guillouet, Senior Vice President, Accor Malaysia, Indonesia dan Singapura mengatakan, "Kami sangat bangga bahwa dari 20 hotel yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, enam diantaranya adalah hotel Accor di Indonesia. Ini adalah bukti bahwa PLANET 21, program sosial kemasyarakatan berkelanjutan kami serta program Plant for the Planet dan A Tree for A Child (ATFAC), telah benar-benar membantu hotel kami menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari mereka. Accor terus mendorong hotel-hotel jaringan kami di Indonesia untuk menemukan cara agar menjadi semakin ramah lingkungan dan memiliki tanggung jawab sosial yang lebih sehingga dapat memperoleh penghargaan yang lebih bergengsi di masa depan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para juri atas kerja keras mereka dalam mengevaluasi seluruh aspek pelestarian lingkungan dari semua hotel yang dinominasikan.”

Stephane Fagez, General Manager of Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, berkata, “Penghargaan ini sangat membanggakan bagi kami karena berada dalam daftar 20 hotel yang menerapkan operasional bisnis hotel yang ramah lingkungan di Indonesia, mengingat kami berasal dari daerah Sulawesi Utara yang jaraknya cukup jauh dari ibukota apalagi Novotel Manado  menjadi satu-satunya perwakilan hotel dari daerah Sulawesi Utara bahkan satu-satunya perwakilan dari pulau Sulawesi yang mendapat nominasi penghargaan ini.”

Dengan PLANET 21, Accor menempatkan program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan sebagai bagian dari strategi bisnis Perusahaan dan telah menegaskan komitmen yang kokoh terhadap lingkungan dan program sosial kemasyarakatan dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2015. Target-target tersebut antara lain adalah penghematan air sebesar 15%, penghematan energi sebesar 10% dan pengurangan emisi gas rumah kaca serta larangan total untuk menyajikan menu di hotel yang berasal dari hewan laut yang terancam punah. Untuk memenuhi syarat sebagai hotel dengan program PLANET 21, hotel harus terlebih dahulu memenuhi kriteria tertentu, seperti memasang regulator air dengan aliran rendah dan lampu hemat energi, menerapkan program daur ulang dan menyajikan makanan yang sehat. Hampir 90% hotel Accor di Indonesia merupakan hotel PLANET 21.

Program “Plants for the Planet” Accor Indonesia

Accor baru saja merayakan momen bersejarah, dengan mengumumkan bahwa Plant for the Planet – proyek inovatif Grup Accor yaitu Towel Reuse (penggunaan kembali handuk) dan penghijauan hutan kembali – telah berhasil menanam lebih dari 3 juta pohon di seluruh dunia. Plant for the Planet adalah bukti komitmen perusahaan untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berfokus untuk mendukung proyek-proyek agroforestri lokal di seluruh dunia. Lebih dari 1.400 hotel, termasuk hotel-hotel Accor di Indonesia, telah bergabung dengan program ini sejak diluncurkan pada tahun 2009. Hotel-hotel ini menggunakan cara berikut untuk mendorong tamu mereka menggunakan kembali handuk yang sudah dipakai: setiap lima handuk yang digunakan kembali, Accor berkomitmen untuk menanam sebuah pohon.

Indonesia merupakan salah satu pelopor dari program Plant for the Planet, dimulai pada saat Accor Indonesia bermitra dengan Perum Perhutani terkait Program Pengelolaan Hutan sejak tahun 2007. Program ini telah melakukan penanaman hutan kembali pada lebih dari 78 hektar lahan di Gelandang, Jawa Tengah, menanam lebih dari 100.000 pohon dan menyediakan lapangan pekerjaan kepada lebih dari 150 petani lokal di kawasan tersebut. Selain itu, Accor Indonesia juga menanam lebih dari 10.000 pohon pada tahun 2012 dan 3.000 pohon lainnya di seluruh Indonesia tahun ini untuk merayakan PLANET 21 Day - sebuah perayaan tahunan Grup Accor terkait pelestarian lingkungan yang melibatkan para karyawannya.

Accor, operator hotel terkemuka di dunia sekaligus pemimpin pasar di Eropa, berada di 92 negara dengan lebih dari 3.500 hotel dan lebih dari 450.000 kamar. Portofolio hotel brand Accor yang beragam - Sofitel, Pullman, MGallery, Grand Mercure, Novotel, Suite Novotel, Mercure, Adagio, ibis, ibis Styles, ibis budget and hotelF1 – menyediakan penawaran yang beragam mulai dari hotel yang mewah hingga terjangkau. Dengan lebih dari 160.000 karyawan di seluruh dunia, Grup Accor menghadirkan pengalaman dan keahlian selama 45 tahun bagi para klien dan mitranya.

 

www.accor.com | www.accorhotels.com

 Press contacts

 

Accor Indonesia:

 

Robert Sanjaya

Cognito Communications

T: +62 21 739 9928/ +813 876 10964

E: robert@cognito.co.id

 

Hotel contact:

 

Anatje Pinaria

PR & Sales Manager

T: +62 431 818 889

E: pr@novotelmanado.com

 

 


Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024