Manado, (ANTARA Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut, mengikuti pelatihan Executive Education Program on Leadership Transformation in Indonesia (EEP on LI).

"Program tersebut, merupakan merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri dan Harvard Kennedy School Harvard University USA," kata Vicky, dalam pesan elektronik kepada wartawan di Manado, daro Jakarta, Senin.

Vicky mengatakan, ini adalah pelatihan minggu kedua, yang dilaksanakan Senin, di Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri, Kalibata Jakarta.

Vicky menjelaskan, pelatihan tersebut adalah program pendidikan eksekutif yang dilaksanakan selama empat minggu, dan berfokus pada isu-isu kepemimpinan dalam pelayanan publik.

Selama seminggu pertama ini akan berlangsung di Jakarta, dengan sesi kelas, kemudian tiga minggu sisanya akan dilanjutkan di Harvard University Amerika.

"Untuk lanjutan di Harvard University, akan disi dengan materi kelas dan kunjungan lapangan terstruktur dengan pejabat pemerintah Boston," kata Vicky.

Wali Kota Vicky mengatakan, dalam training kali ini, terdapat tiga guru besar dari Harvard yang datang untuk memberikan berbagai materi terkait.

"Karena ini program merupakan kerjasama dengan Harvard University, maka sejak pelatihan di Indonesia sampai nanti dilanjutkan di Amerika, seluruh tim pengajarnya berasal dari Harvard University," katanya.

Ia menyebutkan, ketiga guru besar yang memberikan materi adalah Profesor Tony Saich, Jorrit De Jong dan Jay Rosengard, yang akan menjadi pengajar.

Pelatihan ini diikuti Bupati dan Walikota yang terpilih, dan didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) masing-masing kabupaten kota.

Sekitar 40 peserta mengikuti kegiatan ini, yakni para bupati dan wali kota di Indonesia, dan tahun ini wali kota Manado, Vicky Lumentut terpilih sebagai salah satu diantara yang akan ikut naik haji. ***1***M.F.Said 16-9-2013 20.06

(T.KR-JHB/C/M031/M031) 16-09-2013 19:05:16

Pewarta : Oleh: Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024