Minahasa Utara, (ANTARA Sulut) - Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Utara mengamankan enam pengendara mabuk, dalam gelaran operasi patuh yang berlangsung di jalan raya Manado - Bitung samping SMA N I Airmadidi, Sabtu (7/9) malam.

Kasat Lantas Polres Minut, AKP Linda Makal, di Minut, Minggu mengatakan, operasi patuh tersebut bekerjasama Dinas kesehatan dalam hal ini Balai Teknik Kesehatan Lingkungan.

"Enam pengendara diamankan sementara sekaligus diberikan pembinaan akan bahaya mengkonsumsi alkohol saat berkendara," ujar Makal.

Makal mengatakan, Polres Minut melakukan sweeping sekaligus mendeteksi kadar alkohol yang dilakukan oleh tim kesehatan.

"Jika sudah miras tidak bisa bawa kendaraan dan terpaksa harus kami tahan kendaraannya, karena takutnya mengancam nyawanya sendiri juga orang lain," kata Makal menjelaskan.

Kecuali kata dia, jika surat-surat kendaraannya lengkap dan memiliki SIM, dapat dibebaskan dengan syarat ada sopir pengganti.

"Kalau tidak ada sopir pengganti, otomatis kami tahan kendaraannya sampai yang bersangkutan sadar dan segar kembali," katanya.

Operasi patuh tersebut selain mendapatkan enam pengendara mengkonsumsi alkohol, pihaknya kata Makal menahan 24 unit kendaraan roda dua, satu unit roda empat dan 20 surat kendaraan.

Operasi itu kata dia, sudah dimulai sejak 2 September sampai 2 Oktober.

Dia mengatakan, sengaja operasi tersebut dilakukan malam hari mengingat jumlah kecelakaan terjadi pada waktu malam hari dan polres melakukannya sesuai situasi dan kondisi lapangan.

Selain dinas kesehatan, operasi patuh itupun melibatkan Dinas Perhubungan Minahasa Utara.


Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024