Manado (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Dinkes Sitaro) mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Mei 2022 guna mendorong peningkatan imunisasi anak di kepulauan Sulawesi Utara (Sulut) tersebut.

"BIAN adalah kegiatan untuk melengkapi imunisasi anak, dalam upaya percepatan dari ketertinggalan cakupan peserta imunisasi rutin pada anak selama pandemi COVID-19," kata Kadinkes Sitaro dr Semuel E Raule, di Sitaro, Sulut, Jumat.

Misalnya, kata dia, untuk eradikasi atau mencapai Indonesia bebas rubella, campak, dan penyakit lainnya, termasuk untuk peningkatan imun tubuh," kata Raule.

Oleh karena itu, untuk memantapkan persiapan kegiatan BIAN yang dimulai pada bulan Mei, pihaknya melaksanakan sosialisasi.

"Sosialisasi ini dilaksanakan mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota termasuk di Sitaro," katanya.

Dalam kegiatan ini, kata dia, ada imunisasi tambahan satu dosis untuk mencegah campak dan rubella, dan imunisasi kejar bagi balita yang belum lengkap.

"Jika anak belum dapat imunisasi akan rentan dengan penyakit, cacat, bahkan meninggal," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar nantinya masyarakat dapat membawa anak untuk diimunisasi di puskesmas atau pos pelayanan kesehatan yang akan disiapkan.

Selain itu, dia juga mengimbau puskesmas-puskesmas agar menyiapkan semua yangg berhubungan dengan kegiatan ini.

"Tentunya semua pihak diharapkan terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini," kata dia.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw/Stenly RM Gaghunting
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024