Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara(Sulut) mendorong para guru agar di daerah itu lebih memanfaatkan media digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kami mendorong optimalisasi kualitas belajar peserta didik dengan pemanfaatan media digital," kata Wali Kota Bitung  Maurits Mantiri, di Bitung, Rabu.

Maurits mengatakan saat ini media pembelajaran sangat penting digunakan dalam rangka untuk mendukung belajar mengajar yang dapat memanfaatkan jaringan internet. 

Secara definisi, katanya, media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital, media ini berupa website, media sosial, gambar, video digital, audio digital. 
 
Dia menjelaskan media yang digunakan dalam pembelajaran bagi guru SMA/SMK diharapkan dapat memanfaatkan teknologi digital secara menyenangkan untuk peserta didik sehingga kreatifitas guru benar-benar diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh.  
 
Wali Kota juga mengajak para guru terus berinovasi dan mengembangkan kreatifitas agar para siswa lebih bergairah dalam proses belajar mengajar menggunakan media digital. 

Metode ini, katanya, dipilih karena selain menunjang program pemerintah menjadikan Kota Bitung sebagai Digital City juga sebagai salah satu alasan proses pembelajaran yang kreatif serta paling menarik perhatian para siswa.  
 
Sehingga kegiatan musyawarah guru SMA/SMK dilaksanakan mulai tanggal 20-22 April 2022 dan diikuti oleh 556 Guru dari SMA/SMK di Minahasa Utara(Minut)  dan Bitung. 
 
Hadir dalam kegiatan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minut - Bitung  Femmy Mamahit, Kepala MKKS SMK Negeri 2 Bitung Meryati Taengetan, sekretaris  dinas pendidikan, kepala Bappeda dan staf khusus  yang membidangi pendidikan.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024