Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo H Sarundajang mendapat tugas mewakili pemerintah Indonesia melakukan diplomasi publik kepada pemerintah teritori American Samoa.
    
"Sarundajang  memperoleh kepercayaan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengemban misi diplomasi publik atas nama dengan amanat  membangun kerjasama dan hubungan strategis dengan pemerintah teritori American Samoa, melalui pendekatan di bidang ekonomi, sosial dan budaya," kata Sarundajang melalui Staf Ahli Gubernur Sulut, Michael F Umbas dari New York, Amerika Serikat, Jumat.
     
Presiden SBY, kata Sarundajang sebenarnya meminta mendampingi tugas kenegaraan ke dua negara yakni Swedia dan Amerika Serikat, namun karena harus membuka acara Asian Media Summit di Manado, maka   baru bisa bergabung di New York Amerika Serikat akhir Mei.
    
Di sela-sela acara penting Presiden SBY di New York, Sarundajang melakukan pertemuan khusus dengan Presiden dan mendapat arahan serta pesan terkait tugas diplomasi publik di American Samoa.
    
”Ya, sudah ketemu dan beliau memberikan penekanan terhadap beberapa langkah strategis dan penting untuk tugas ke American Samoa. Sulut diberikan kepercayaan membuka hubungan mutual benefit dengan daerah tersebut,” kata Sarundajang.
    
Penugasan Sarundajang sebagai special envoy tersebut juga telah diperkuat dengan sejumlah langkah kerjasama konkret yang didukung oleh Dubes RI di Amerika, Dino Patti Djalal.
    
"Presiden meminta agar berkoordinasi dengan pihak kedutaan besar RI di Washington DC. Pak Duta Besar kebetulan ikut mendampingi dan kami sudah membahas detail plan-nya antara lain The establishment of Province-Territory Partnership and cooperation," tandas Sarundajang .
    
Sulut sendiri sebelumnya sudah mengirimkan tim ke American Samoa untuk menjajaki sejumlah peluang kerjasama di bidang budaya dan ekonomi, serta rencana sister province/territory dengan wilayah yang terletak di Asia Pasifik tersebut.        "Kita sudah mengutus tim sebelumnya dan telah mendapat respon positif oleh Pemerintah American Samoa. Hal tersebut sudah saya laporkan langsung kepada Presiden," kata Sarundajang.
    
Dubes RI di Amerika Serikat Dinno Patti Djalal mengaku langkah presiden memilih Sarundajang untuk menjalan misi ke American Samoa sudah tepat karena Gubernur Sulut tersebut dinilai mempunyai kemampuan diplomasi public dan memiliki pengalaman yang mumpuni.
    
"Saya optimis dan mendukung penuh mengingat kemampuan dan kapasitas Pak Sarundajang. Langkah diplomasi publik Indonesia di kawasan Pasifik memang sedang ditingkatkan dalam rangka memperkuat posisi Indonesia dalam diplomasi internasional," ujar Dino Patti Djalal.
    
Sesuai rencana, dari New York, Amerika Serikat, rombongan Gubernur akan yang didampingi pihak KBRI Washington DC langsung bertolak menuju Pago-pago, ibukota American Samoa untuk melakukan rangkaian pertemuan dengan pemerintah setempat. Gubernur menyertakan delegasinya yakni Asisten II Ir Roy Roring MSi, Kepala Bappeda, Dr Noldy Tuerah, Kepala Dinas ESDM Ir Boy Tamon, serta Staf khusus Michael F. Umbas dan Freddy Lengkong. 


Pewarta : Guido Merung
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024