Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan BUMN akan selalu mendorong milenial dan generasi Z untuk terus berinovasi.

"Sebagai tulang punggung dari sepertiga ekonomi Indonesia, milenial dan gen-z di BUMN akan selalu kami dorong untuk berinovasi, terus mengembangkan karakter dan skil mereka," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri BUMN, manusia berkarakter unggul dan memiliki semangat juang tinggi diperlukan dalam menghadapi tantangan global di era digitalisasi.

"Dalam menjawab tantangan global di era digitalisasi seperti saat ini diperlukan manusia-manusia berkarakter unggul, yang haus belajar dan punya semangat juang tinggi. Bersama-sama kita bergerak menuju Indonesia Emas 2045! ," kata Erick.

Sebelumnya Menteri BUMN mengungkapkan sumber daya manusia atau SDM yang terampil dan kompeten dapat menjadi salah satu kunci agar Indonesia terhindar dari kondisi middle income trap.

Selain sumber daya alam, bagaimana potensi SDM harus menjadi suatu keharusan. Apalagi dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan menghadapi bonus demografi.

Tentu sebagaimana diketahui bersama bahwa bonus demografi ini 70 persen populasi Indonesia nantinya bakal diisi oleh Generasi Z, sehingga menjadi suatu hal yang berbeda dengan saat ini.

Baca juga: Erick Thohir dorong Program Makmur tingkatkan lapangan kerja sektor pertanian
Baca juga: Erick Thohir harap rekrutmen bersama BUMN lahirkan generasi penerus

Generasi Z merupakan usia yang produktif, karena itu Indonesia benar-benar harus mengandalkan perubahan strategi ekonomi Indonesia ke depannya berdasarkan tidak hanya sumber daya alam saja, melainkan bagaimana seperti diketahui sekarang yang namanya knowledge based economy yakni sebuah pertumbuhan yang justru tumbuh karena hasil daripada inovasi atau kapabilitas sebagai manusia bisa mendongkrak ekonomi.

Pewarta : Aji Cakti
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024