Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dinas Kesehatan, Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, melakukan penanganan serius kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) setelah adanya dua kasus baru.
"Untuk dua kasus terbaru di Kecamatan Silian dan Tombatu kami sudah melakukan penanganan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan, Selasa.
Lebih lanjut kata Helni, kedua pasien DBD ini dalam perawatan, serta pihaknya telah melakukan penyelidikan epidemiologi untuk kasus tersebut.
"Setelah ada hasil dari rumah sakit untuk kasus demam berdarah ini, kami juga sudah melakukan pengasapan atau fogging di lingkungan tempat tinggal dari pasien," jelasnya.
Menurut Helni, saat ini pencegahan yang wajib dilakukan masyarakat dengan terus menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal.
"Setiap rumah tangga kami terus mengimbau menggunakan abate, tidak membuang sampah sembarangan, memastikan tidak ada genangan air di sekitar tempat tinggal dan sebagainya," jelasnya.
Helni memastikan jajarannya di Puskesmas bersama dengan pemerintah desa serta kelurahan terus melakukan edukasi, terkait pencegahan penyebaran DBD.
Sementara itu, kasus DBD di Kabupaten Minahasa Tenggara sampai bulan April berjumlah sembilan kasus.***3***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024