Manado (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Minahasa meningkatkan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Fenny Roring-Lumanauw dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Minahasa oleh Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Utara Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan.

"Pengukuhan ini untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan dari dalam keluarga," kata Fenny, di Tondano, Rabu.

Fenny menjelaskan Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Terutama, katanya, lewat pencapaian sasaran strategis untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat sebagai bagian terpenting dalam penguatan budaya literasi.

Melalui penguatan budaya literasi diharapkan pemulihan serta pertumbuhan berkelanjutan akan terlaksana, karena dibangun secara integratif, holistik, tematik dan partisipatif oleh seluruh pemangku kepentingan bangsa, dari sisi hulu dan hilir.

Ia mengatakan dengan integrasi penyediaan akses bahan bacaan bagi masyarakat, dalam konteks itulah, maka Bunda Literasi diharapkan akan menjalankan peran secara optimal.

"Hal ini, akan menjadi tanda kokohnya komitmen kita semua meningkatkan literasi pada masyarakat," jelasnya.

Tujuannya yakni meningkatkan indeks literasi, serta kualitas manusia di Kabupaten Minahasa secara khusus, untuk menuju Sulawesi Utara maju dan sejahtera, sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw memgatakan dalam rangka mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia maju, literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024