London (ANTARA) - Dolar melemah terhadap mata uang utama lainnya pada Senin, dengan investor menunggu komentar dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di kemudian hari dan dari pembuat kebijakan bank sentral lainnya minggu ini untuk petunjuk kebijakan moneter.

Pasar mata uang telah bergolak selama sebulan terakhir oleh dampak keuangan dari invasi Rusia ke Ukraina, karena biaya ekonomi menjadi fokus lebih tajam, termasuk inflasi yang lebih tinggi yang dipicu oleh kenaikan biaya energi.

Ukraina menentang permintaan Rusia agar pasukannya meletakkan senjata sebelum fajar pada Senin di Mariupol, di mana ratusan ribu warga sipil telah terperangkap di sebuah kota yang dikepung dan telah dihancurkan oleh pemboman Rusia.

Rusia menyebut perang itu, serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua, sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina. Barat menggambarkan ini sebagai dalih palsu untuk perang agresi yang tidak beralasan.

Ketika krisis berlanjut, bank sentral secara global telah bergulat dengan seberapa cepat mencoba membendung inflasi yang melonjak.

The Fed menaikkan suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin minggu lalu untuk pertama kalinya sejak 2018. Pedagang sekarang fokus pada potensi kecepatan dan ukuran kenaikan suku bunga di masa depan.

Serangkaian pidato oleh pembuat kebijakan Fed minggu ini, yang dimulai oleh Powell pada Senin, dapat memberikan beberapa petunjuk. Setidaknya satu pembicara Fed dijadwalkan setiap hari minggu ini dan Powell sendiri akan tampil lagi pada Rabu (23/3/2022).

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,1 persen menjadi 98,222.

Sikap The Fed sangat kontras dengan bank sentral Jepang (BoJ) yang pada Jumat (18/3/2022) mempertahankan program stimulus besar dan mempertahankan suku bunga stabil, dengan alasan bahwa lonjakan inflasi akan bersifat sementara.

Kebijakan dovish BoJ telah membantu melemahkan yen, dengan mata uang Jepang diperdagangkan mendekati posisi terendah enam tahun terhadap dolar.

Yen tergelincir lebih jauh pada Senin, turun 0,1 persen pada 119,230 yen per dolar, setelah menyentuh 119,40 yen pada Jumat (18/3/2022) level terendah sejak 2016.

"Divergensi kebijakan yang melebar terus mendorong yen ke level yang lebih rendah terhadap dolar AS," kata Lee Hardman, analis mata uang di MUFG, dalam sebuah catatan.

Euro sedikit menguat terhadap dolar pada hari itu, naik 0,1 persen menjadi 1,10585 dolar.

Pidato minggu ini oleh beberapa pembuat kebijakan di Bank Sentral Eropa, termasuk presiden Christine Lagarde, juga akan diawasi ketat oleh para pedagang.

Juga dalam agenda di Eropa minggu ini adalah pertemuan Bank Sentral Norwegia, dengan kenaikan suku bunga diharapkan juga.

Baik dolar Australia dan Selandia Baru turun hari ini, masing-masing melemah 0,4 persen dan 0,2 persen, karena selera risiko tetap terkendali di seluruh pasar.

 

Pewarta : Apep Suhendar
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024