Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota(Sekdakot) Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Roring optimistis rotasi jabatan akan mengembangkan potensi pegawai secara lebih efektif.

"Rotasi adalah salah satu bentuk pengembangan potensi pegawai yang efektif, serta bisa dijadikan sarana evaluasi,"  sebut Sekdakot Edwin saat serah terima jabatan beberapa kepala perangkat daerah di Tomohon, Senin.

Dia juga meyakini, manakala rotasi dilakukan akan meningkatkan produktivitas kerja, melahirkan kreativitas dan mengobarkan kembali semangat kerja yang hampir padam.

"Rotasi bisa dimanfaatkan untuk mengetahui potensi pegawai, sehingga dapat menempatkan pegawai sesuai dengan potensi terbaik yang dimiliki," ujarnya.

Sekdakot menambahkan, ketika dilakukan pergeseran pejabat, pegawai juga mendapatkan pengetahuan baru yang sesuai dengan potensinya serta meminimalisasi tingkat kejenuhan yang ada. 

"Kami berharap dapat memberikan kesegaran baru bagi pegawai, rasa jenuh dan depresi yang timbul karena kelamaan bekerja pada suatu pekerjaan tertentu akan hilang," katanya. 

Hal ini akan memberikan suasana baru yang diharapkan dapat memicu motivasi untuk lebih maju dan mendatangkan tingkat produktivitas kerja yang lebih baik. 

"Tantangan yang didapat dari tugas baru diharapkan akan mendorong pegawai untuk bekerja lebih giat.
Ada yang datang, ada yang pergi, ada masanya memulai tugas dan akan ada masanya nanti untuk mengakhiri semua itu," ujarnya.

Kepala perangkat daerah yang diserahterimakan yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman,  Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah, Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan dan 
Staf Ahli Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia.***3***



 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024