Manado, (Antara Sulut) - Grup Kolintang "Nandayu" dari Jakarta meraih piala Ibu Negara Ani Yudhoyono, pada festival Musik Kolintang Nasional, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Pada festival yang diselenggarakan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) di Matungkas, Dimembe, Minahasa Utara, Minggu, grup Kolintang Nandayu meraih angka tertinggi pada kategori permainan kolintang ibu-ibu, menyisihkan sejumlah grup lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara untuk juara kedua kategori ibu-ibu diraih Grup Kolintang MSI Satu dari Jakarta, serta ketiga dari UPN Surabaya.

Ketua Presidium Pinkan, Ani Rachmat Sudibjo mengatakan, diharapkan ke depan kolintang dapat lebih membudaya di kalangan masyarakat luas.

"Diharapkan Kolintang dapat lebih hidup, berkembang dan menyatu sebagai bagian dari kegiatan sosial, budaya bangsa sesuai dengan cita-cita luhur Pinkan," kata Ani ketika menutup festival tersebut.

Ani Soedibjo menilai kegiatan tersebut telah berjalan dengan sukses.

"Kepada peserta yang menjadi pemenang maupun belum berhasil meraih juara, diharapkan untuk tetap bersemangat dan terus berlatih agar mencapai prestasi lebih baik," katanya.

Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal mengatakan, kegiatan tersebut telah berlangsung dengan baik dan sukses.

Minahasa Utara tetap berkomitmen bersedia jika pada kegiatan yang akan datang, juga dilaksanakan di daerah itu.

"Minahasa Utara juga siap untuk ikut serta mengirimkan tim jika ada kegiatan Kolintang yang dilaksanakan di daerah lain seperti di Jawa," kata Sompie.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Suprinada Ruru menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dan berharap supaya terus ditingkatkan.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengusulkan musik kolintang menjadi warisan budaya dunia ke Unesco," kata Suprinada

Selain kategori ibu-ibu, festival tersebut juga mempertandingkan kategori SD dengan juara pertama grup Kolintang SD St Clara Tomohon, disusul SD GMIM IV Tomohon dan PPA GMIM Imanuel Poso.

Kategori SMA juara pertama grup Kolintang SMK Yudika, kedua The Sound Of Angle Jakarta dan SMK St Familia Tomohon.

Kategori perguruan tinggi, juara pertama grup kolintang Mazani Musik, disusul Tourism in Art Trisakti dan PPA GMIM Poso.

Selain Festival Kolintang kegiatan yang dilaksanakan dari 24-29 Januari 2013 tersebut juga telah digelar berbagai kegiatan lainnya seperti pagelaran permainan musik kolintang terlama dengan peciptaan rekor MURI, peletakan batu pertama monumen Kolintang, seminar nasional Musik Kolintang. @antarasulut.com

Pewarta : Jorie Darondo
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024