Hong Kong (ANTARA) - Dolar mencapai level tertinggi baru lima tahun terhadap yen di sesi Asia pada Jumat pagi, setelah laporan inflasi AS yang kuat, sementara euro berjuang untuk mempertahankan posisinya karena perubahan hawkish dari Bank Sentral Eropa diimbangi oleh risiko pertumbuhan yang muncul dari krisis Ukraina.

Greenback naik setinggi 116,39 yen di awal perdagangan, level terbaiknya sejak Januari 2017, sementara sterling terpukul di 1,3089 dolar, setelah jatuh 0,8 persen semalam ke level terendah 16 bulan.

Data pada Kamis (10/3/2022) menunjukkan bahwa harga konsumen AS melonjak 7,9 persen secara tahun ke tahun pada Februari, kenaikan tahunan terbesar dalam 40 tahun.

Data IHK (indeks harga konsumen) "pada dasarnya menunjukkan bahwa Fed harus menaikkan suku bunga bulan ini, tetapi juga menunjukkan bahwa mereka akan terus [dengan kenaikan] setidaknya pada awalnya," kata Ahli Strategi Mata Uang dNational Bank of Australia, Rodrigo Catrill.

Baik The Fed maupun bank sentral Jepang (BOJ) memiliki pertemuan kebijakan minggu depan, tetapi sementara The Fed pasti akan menaikkan suku bunga dari pandemi yang rendah, BOJ akan tetap menjadi outlier dan mempertahankan sikap dovish pada kebijakan moneter, membebani yen.



Dolar telah menguat 1,3 persen terhadap mata uang Jepang minggu ini.

Baik sterling maupun euro telah dirugikan oleh dampak konflik di Ukraina dan mengakibatkan harga-harga energi yang lebih tinggi.

Euro terakhir berada di 1,1010 dolar setelah berakhir melemah 0,8 persen pada Kamis (10/3/2022), meskipun dalam perjalanan hari itu telah naik ke 1,112 dolar dan turun serendah 1,0975 dolar.

"Pesan yang lebih hawkish dari ECB memiliki tekanan ke atas sementara pada euro, tetapi itu sangat singkat yang memberi tahu Anda bahwa dinamika lain mengesampingkan pertimbangan apa pun tentang apa yang mungkin dilakukan ECB, termasuk berita yang datang dari Ukraina," kata Catrill.

ECB mengatakan pada Kamis (10/3/2022) akan menghapus stimulusnya pada kuartal ketiga, membuka pintu bagi kenaikan suku bunga sebelum akhir 2022 untuk memerangi inflasi yang melonjak.



Bank juga sedikit menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk tahun ini dan berikutnya, dan meningkatkan ekspektasi inflasi, karena Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan konflik itu adalah "daerah aliran sungai untuk Eropa", yang akan mengekang pertumbuhan tetapi meningkatkan inflasi.

Pembicaraan antara menteri luar negeri Ukraina dan Rusia pada Kamis (10/3/2022) membuat sedikit kemajuan nyata untuk mengakhiri perang yang sekarang memasuki minggu ketiga.

Di tempat lain harga-harga komoditas yang tinggi terus mendorong dolar Australia dan Selandia Baru.

Aussie berada di 0,734 dolar AS setelah naik 0,49 persen semalam, sedangkan kiwi di 0,6854 dolar AS setelah naik 0,36 persen semalam.

Bitcoin berada di sekitar 39.000 dolar AS, sedikit berubah pada minggu ini, meskipun beberapa hari bergejolak karena harga mengambil perjalanan pulang pergi sebagai tanggapan atas perintah eksekutif dari Presiden AS Joe Biden yang mengharuskan pemerintah untuk menyiapkan laporan tentang masa depan uang digital.
 

Pewarta : Apep Suhendar
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024