Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli yang merupakan salah satu jajaran dari Lantamal VIII melaksanakan "Serbuan Vaksinasi" COVID-19 di SD Negeri 2 Tolitoli, Selasa.
"Pada kegiatan itu  berhasil memberikan vaksin kepada 55 orang, delapan orang diantaranya menerima dosis pertama, 46 orang dosis kedua dan satu orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer," kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijiya, di Manado Selasa.
Danlantamal mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu  upaya mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi COVID-19.
 Lantamal VIII akan terus mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi COVID-19 melalui pelaksanaan vaksinasi  yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerjanya.
"Setiap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Lantamal VIII dan jajarannya selalu berkoordinasi serta bekerjasama dengan pemerintah daerah agar pelaksanaan vaksinasi bisa tepat sasaran."katanya.
Ia menambahkan, selain itu juga selalu  mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin agar segera mendatangi tempat-tempat pelaksanaan vaksin, tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.
Selain Lanal Tolitoli kegiatan Serbuan Vaksinasi juga dilakukan jajaran lainnya seperti Lanal Gorontalo yang  menggelar Serbuan Vaksinasi di SD Negeri 23 Libuo, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo.
Kegiatan itu  melibatkan tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Gorontalo beserta pendukungnya, dan berhasil memberikan vaksin kepada 79 orang, terdiri dari 42 orang menerima dosis pertama, 40 orang dosis kedua dan tujuh orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.
Kemudian Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Wahyu Slamet Bitung yang berhasil memberikan vaksin kepada 28 orang, terdiri dari tiga orang menerima dosis pertama, dua orang menerima dosis kedua dan 23 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer.
Kemudian vaksinasi rutin yang dilaksanakan di dalam pangkalan diantaranya Lanal Tahuna bertempat di Balai Kesehatan, berhasil memberikan vaksin kepada 22 orang, empat orang menerima dosis kedua dan 18 orang lainnya menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer.
Lanal Melonguane melaksanakan vaksinasi COVID-19 bertempat di Balai Pengobatan Lanal, berhasil memberikan vaksin kepada 64 orang, dengan rincian empat orang menerima dosis pertama, 14 orang menerima dosis kedua dan 46 orang lainnya menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac Pfizer dan Moderna.
Begitu juga Dinas Kesehatan Lantamal VIII yang melaksanakan vaksin di Balai Pengobatan Diskes berhasil memberikan vaksin kepada  tiga orang, dua diantaranya menerima dosis kedua dan satu dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024