Jakarta (Antara Sulut) - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan penetapan 10 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 akan memudahkan pemilih menggunakan hak pilih.

"Jika pemilu diikuti oleh 10 partai politik, tentu akan lebih memudahkan rakyat untuk melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan," katanya di Jakarta, Kamis.

"Pasti kompetisi makin keras dan ketat. Apalagi secara umum tingkat kepercayaan dan kepuasan publik kepada partai politik mengalami penurunan," kata dia.

Menurut Anas, persaingan ketat akan membuat partai yang lolos verifikasi tertantang menawarkan program, konsep, gagasan dan janji yang tidak konvensional untuk menggalang dukungan.

"Kualitas calon legislatif menjadi salah satu yang akan menentukan apakah berkurangnya jumlah parpol bermakna bagi peningkatan kualitas hasil pemilu dan produktifitas demokrasi kita," kata dia.

Dia juga berpendapat, keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan 10 parpol peserta pemilu membuka peluang "untuk memajukan demokrasi yang produktif bagi kemaslahatan bangsa dan kesejahteraan rakyat.(zul/@antarasulutcom)

Pewarta : Antara
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024