Manado, (Antara Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan, Januari 2013 utusan dari Pemerintah Liverpool, Inggris, akan mendatangi Manado kembali, untuk menindaklanjuti kerjasama bidang olahraga dan pendidikan.

"Alexander Meulborne, utusan Lord Mayor Liverpool, akan tiba di Manado untuk merumuskan kerjasama tersebut dan penandatanganan MoU,"kata Lumentut, di Manado, Sabtu.

Lumentut mengatakan, untuk mempersiapkan penandatanganan kerjasama dengan Liverpool tersebut, Pemerintah Kota Manado akan membentuk tim kerja, untuk melakukan rencana aksi dalam rangka kerjasama tersebut.

Lumentut mengingatkan seluruh jajarannya, yang nantinya akan ditunjuk sebagai anggota, agar bersiap untuk tim kerja, sehingga nantinya kerjasama tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Menurut Lumentut kerjasama dengan Liverpool Inggris tersebut, merupakan tindaklanjut dari pertemuan antara Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, dengan Ratu Inggris Inggris, sehingga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

"Manado juga merupakan satu-satunya kota dari ratusan kota dan kabupaten di Indonesia yang menindaklanjuti pertemuan perbincangan kerjasama oleh kepala negara," kata Lumentut.

Karena itu, menurutnya Manado mendapatkan kuasa mutlak untuk bertindak atas nama negara dan pemerintah dalam kerjasama tersebut, sebab sebelumnya hal tersebut sudah dibahas di Kementerian Dalam Negeri dan Luar Negeri.

"Manado mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, karena melakukan kerjasama sister city dengan Liverpool," kata Lumentut.

Sesuai dengan rencananya Manado akan bekerjasama dengan Liverpool dalam bidang olahraga dan pendidikan antara lain dalam pertukaran mahasiswa dan membuka sekolah bola. @antarasulutcom

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024