Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong komunitas di Sulawesi Utara untuk meningkatkan pelaksanaan event (kegiatan) terkait pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membangkitkan perekonomian.

“Ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di Sulawesi Utara. Mulai dari yang skala nasional hingga yang internasional,” katanya ketika menghadiri acara Nemuin Komunitas (Netas) di Manado, Sulut, sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Sandiaga mengatakan salah satu event yang akan didorong ialah event wisata berbasis olahraga, yakni World Beach Games di kawasan Likupang-Manado.

Berbagai event yang akan diselenggarakan di daerah tersebut, lanjutnya, merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan potensi pariwisata.

“Termasuk dengan memaksimalkan kekuatan komunitas seperti Genpi (Generasi Pesona Indonesia) dan Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) beserta para pemangku kepentingan di Sulawesi Utara yang telah mengemukakan komitmennya untuk membangkitkan perekonomian,” ungkap Menparekraf.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengungkapkan bahwa pihaknya terus meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Minahasa Utara, termasuk dalam hal pelaksanaan event.

"Hari ini kita melaksanakan event internasional salah satu side event dari KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G-20, yaitu Women 20 (W-20) dan akan berakhir besok. Mudah-mudahan event-event yang kita adakan ini bisa terus mewarnai Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas," ujar dia.


Pewarta : M Baqir Idrus Alatas
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024