Manado, (Antara Sulut) - Pemerintah Kota Saga Jepang, menyatakan kesediaan bekerjasama dengan Manado, Sulawesi Utara (Sulut). 

"Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Wali Kota Saga Toshiyuki Hideshima, kepada Wali Kota Manado Vicky Lumentut," Kata

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado, Haefre Sendoh, melalui pesan elektronik dari Jepang kepada ANTARA Sulut, Minggu.

Sendoh mengatakan, Pemerintah Saga, bersedia bekerja sama dalam segala bidang dengan Manado, dan berharap bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Menurut Sendoh, Wali Kota Lumentut, dalam kesempatan pertemuan di lokasi International Saga Balloon Fiesta, Saga juga ikut mempromosikan wisata Manado kepada pemerintah dan masyarakat Saga.

"Wali Kota Manado sangat berharap agar kerjasama dengan Saga Jepang dalam bidang pariwisata, budaya, ekonomi dan sosial kemasyarakatan segera terwujud,"kata Sendoh.

Menurut Sendoh, kerjasama yang dibicarakan tersebut diharapkan bisa meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat di Manado.

"Penajaman kerjasama akan dilakukan sesegera mungkin dengan melibatkan mediator dari pihak Universitas Saga,`` kata Sendoh.

"Dalam pembicaraan kerjasama dengan Jepang tersebut, Pemkot Manado juga melakukan kunjungan ke lokasi strategis, diantaranya, Sekolah Dasar Pemerintah Saga, Saga City Recycling Factory atau Tempat Pengelolahan Sampah, Kantor Pengendalian Air dan Banjir dan lokasi Dam Kasegawa,"kata Sendoh. 

Dalam kunjungan ke Saga untuk membahas kelanjutan kerjasama dengan Saga tersebut wali kota didampingi ketua tim penggerak PKK Paula Lumentut-Runtuwene, Sekot Haefrey Sendoh, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pieter Assa, Kadis PU Ferry Siwi Kepala Inspektorat Arnold Kewas, Kadis Kesehatan Robby Motto, Kaban BKD Hans Tinangon. @antarasulutcom   

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024