Jakarta (Antara Sulut) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak melulu soal perang dan damai. Sekretaris Jenderal (Sekjen PBB) Ban Ki-moon menambahkan musik pop dan terjun payung ke dalam agendanya, Selasa, ketika dia menemui penyanyi Korea Selatan Psy dan pemberani asal Austria Felix Baumgartner.

Lagu Psy, "Gangnam Style", yang mencibir gaya konsumerisme di pinggir kota Seoul, dan tenar dengan goyang ala menunggang kudanya terkenal di website Youtube. Video klipnya sudah dilihat lebih dari 530 juta kali semenjak dirilis pertengahan Juli.

"Saya sedikit cemburu," kata Ban. "Hingga dua hari yang lalu saya disebut sebagai orang Korea paling terkenal di dunia. Kini saya harus melepas 'jabatan' itu," katanya seperti dikutip oleh Reuters.

"Kami memiliki negosiasi yang sulit di PBB. Di kasus-kasus tersebut saya juga sempat berpikir untuk menarikan Gangnam Style jadi mereka semua bisa berhenti dan ikut menari, mungkin Anda bisa membawakan gaya PBB," katanya.

Namun saat Ban berpose seperti sedang menarikan tarian khas Psy, Ban tidak siap untuk melakukannya.

"Saya tahu Anda di sini untuk melihat saya menari tapi jangan khawatir, saya bahkan tidak bisa meniru gerakan Anda," kata Ban, seperti dilansir Reuters.

Awalnya, pada Selasa, Ban bertemu dengan Baumgartner yang minggu lalu melompat dari lapisan stratosphere 24 mil di atas bumi, membuat rekor sebagai terjun payung paling tinggi dan memecahkan penghalang suara dalam proses.

Ban bertanya kepada Baumgartner apakah dia mau melompat dari lantai tertinggi gedung markas PBB, di mana sang penerjun payung menjawab, "Dengan ijin Anda, tentu saja." Dia kemudian menambahkan, "Tapi saya resmi sudah pensiun dari bisnis itu sekarang," katanya.

Ban memuji Baumgartner, yang memulai karir dengan melakukan lompat bebas penuh risiko termasuk terjun payung melewati English Channel dan Petronas Tower di Malaysia, sebagai orang yang paling berani di dunia.

Sementara Sekjen PBB sedang berhadapan dengan isu berat seperti konflik di Syria dan krisis di Mali, dia juga mengatakan bahwa dia percaya penting untuk terlibat di bagian lain dari komunitas.

"Saya rasa musik bisa memainkan peran yang penting. Saya harap kita bisa bekerjasama menggunakan jangkauan global Anda... Anda memiliki, saya rasa, jangkauan global yang tidak terbatas," kata Ban kepada Psy.

"Anda sangat keren, saya harap Anda bisa menghentikan pemanasan global," tandas Sekjen PBB. 
(dny/@antarasulutcom)

Pewarta : Antaranews
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024